meditasi ketenangan

Cara Mudah untuk Damai dengan Meditasi Ketenangan

Apakah saat ini Anda punya masalah? Apakah hidup Anda terasa berat? Dan apakah Anda merasa sudah putus asa dengan apa yang Anda alami saat ini?

Jika jawaban Anda adalah “Iya”, Anda telah berada di tulisan yang tepat.

Sengaja artikel ini saya bagikan pada Anda yang saat ini memang sedang banyak masalah. Pikiran Anda yang mungkin saja sedang ruwet, hidup Anda kemrungsung tak karuwan, dan tidak tenang.

Sekarang, jawab pertanyaan saya. Apakah di saat pikiran Anda kacau dan hati tak tenang, masalah Anda bisa kelar? Masalah Anda bisa teratasi dengan kondisi demikian?

Saya yakin, malahan Anda semakin banyak masalah. Dan masalah kian muncul setiap kali pikiran Anda bertambah ruwet dan hati Anda kian kacau.

Sudah saatnya, berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri, orang lain, keadaan, bahkan Tuhan sekalipun. Karena dengan menyalahkan siapa pun dan apa pun, masalah Anda tak akan selesai.

Dan jika Anda sudah terlanjur punya pikiran ruwet, banyak pikiran, beragam hal yang Anda pikirkan sehingga ketidaktenangan hidup singgah di diri Anda, maka baca tulisan ini sampai selesai.

Saya akan ajarkan pada Anda meditasi ketenangan yang bisa membuat diri Anda tenang dan damai. Dengan kondisi pikiran tenang dan hati damai inilah, Anda bisa punya jiwa yang dengan sepenuhnya siap menghadapi persoalan Anda.

Bahkan, Anda pun bisa menemukan jalan keluar atas persoalan yang Anda alami saat ini. Menariknya, Meditasi Ketenangan ini sangat sederhana, tapi efeknya sangat luar biasa.

Saya hanya ingin mengajak Anda untuk menerima diri Anda sepenuhnya. Karena sebenarnya, tidak tenangnya pikiran dan hati Anda karena Anda tidak bisa menerima diri Anda sepenuhnya.

Baiklah, langsung saja kita mulai.

  1. Lakukan di tempat yang membuat Anda nyaman. Akan lebih baik, lakukan di malam hari sebelum Anda tidur.
  2. Anda bisa duduk di kursi atau bersila di lantai. Berniatlah untuk melakukan meditasi ketenangan. Berdoalah sesuai keyakinan dan agama Anda
  3. Kemudian, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Lakukan sampai 3 kali. Pada hembusan ke-3 kali pejamkan mata Anda secara perlahan
  4. Amati dan sadari keluar masuknya nafas Anda hingga Anda merasa sangat rileks dan nyaman.
  5. Tetap sadari saja keluar masuknya nafas Anda. Mungkin pikiran Anda melompat ke mana-mana hingga menyebabkan ketidaktenangan terjadi. Terima saja, tak perlu melawan. Amati saja pikiran liar Anda
  6. Jika diri Anda sudah bisa stabil, saatnya renungi diri Anda. Apa yang saat ini Anda alami, terima dan ikhlaskan saja. Masalah yang Anda alami saat ini, sejenak serahkan saja pada-Nya. Akui saja jika Anda tidak mampu jika memang Anda tak mampu. Dan serahkan serta pasrahkan segala persoalan Anda pada Tuhan. Anda tak bisa berbuat apa pun selain izin dan kuasa-Nya. Jika Anda sudah berupaya maksimal, tapi belum ada hasil, tetap serahkan pada-Nya. Pasrahlah secara totalitas.
  7. Akui ketidakmampuan Anda, terima ketidaksanggupan Anda, ikhlaskan kondisi Anda saat ini. Pikiran Anda ruwet dan hidup Anda kemrungsung karena Anda tidak bisa menerima kondisi Anda sekarang ini. Sesulit apa pun kondisi Anda sekarang, terima dan ikhlaskan saja.
  8. Jika Anda belum bisa menerima dan ikhlas, bilanglah pada diri Anda, “Meskipun saya belum bisa ikhlas dan menerima kondisi saya saat ini, saya tetap ikhlas dan pasrah,” ucapkan berkali-kali hingga ada ketenangan dan kenyamanan dalam diri Anda.
  9. Ya, Anda hanya perlu menerima pikiran Anda yang ruwet, Anda hanya perlu mengakui diri Anda yang tidak tenang, Anda hanya perlu mengikhlaskan kondisi Anda saat ini. Apa pun dan sesulit apa pun situasi yang Anda rasa.
  10. Terima, ikhlaskan, dan lepaskanlah. Anda sudah terlalu lama menggenggam rasa tidak nyaman dalam hidup Anda. Lepaskan saja masalah Anda. Lepaskan dan serahkan segalanya pada-Nya.
  11. Saat Anda bisa melepaskan, maka kekuatan Tuhanlah yang bekerja. Anda hanya bisa berusaha sesuai kemampuan, tetapi hasil serahkan pada-Nya. Dan apa pun hasilnya, terima dengan lapang dada, ikhlas sepenuhnya.
  12. Rasakan dan amati saja apa yang Anda alami saat meditasi. Jika Anda ingin menangis, menangislah. Niatkan bersamaan dengan keluarnya air mata, beban Anda pun gugur dan menghilang. Semua hal yang tak menyenangkan musnah bersama keluarnya air mata Anda.
  13. Jika Anda sudah merasa cukup, buka mata Anda secara perlahan dan ucapkanlah syukur secara mendalam

Anda bisa melakukannya sekitar 10-15 menit setiap kali meditasi ketenangan. Dan lakukanlah rutin setiap malam sebelum Anda tidur.

Paling tidak, Anda bisa melakukannya selama 1 bulan. Itu adalah waktu ideal untuk membuat Anda benar-benar bisa tenang.

Terlebih lagi bagi Anda yang benar-benar sangat parah kondisi hidupnya. Artinya, Anda sangat stres, tertekan, bahkan depresi atas kondisi apa pun yang Anda alami sekarang ini.

Namun, biasanya, jika Anda bisa rutin melakukannya dengan benar, kurang dari 1 bulan sudah mulai ada efek positifnya. Anda bisa menjadi manusia yang punya pembawaan tenang dan hati Anda terasa damai.

Dan jika meditasi ketenangan selalu Anda lakukan, maka ketenangan dalam hidup bisa Anda ciptakan dengan mudah. Efek positif lainnya adalah, Anda bisa menjadi orang yang berwibawa, bijaksana, dan mudah menemukan solusi atas masalah apa pun atas izin dan kuasa-Nya.

Selamat mencoba. Saya berdoa agar hidup Anda selalu dipenuhi dengan ketenangan dan kedamaian sehingga kebahagiaan hakiki bisa Anda rasakan.

Baca Juga artikel ini Ciptakan Jiwa Tenang, Maka Rezeki Datang Tanpa Diundang