Lakukanlah Meditasi Syukur Ini Jika Ingin Mudah Bahagia

meditasi syukurSaat Anda baca tulisan saya ini, apakah Anda dalam keadaan bahagia, sedih, atau biasa saja? Harapan saya adalah Anda sedang berbahagia entah apa pun alasannya. Yang tahu hanya Anda sendiri.

Kalaupun Anda sedang sedih lantaran adanya masalah tertentu yang Anda pikirkan, maka pastinya tidak ada ruang bahagia di dalam diri Anda. Karena kondisi suasana hati tak bisa ditempati 2 rasa yang berbeda.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada hal yang ingin saya tanyakan pada Anda. Apakah Anda adalah orang yang termasuk mudah bahagia atau sulit untuk bahagia? Dan apakah Anda bahagia hanya sesaat atau malahan bisa setiap saat?

Jika Anda menyadarinya, bahagia sebenarnya mudah untuk diciptakan. Hanya saja, tak banyak orang yang mau menciptakannya.

Mungkin juga termasuk Anda. Jika memang begitu, sesungguhnya tanpa Anda sadari, Andalah yang mengundang ketidakbahagiaan dalam hidup Anda. Anda terlalu fokus pada keinginan dan juga kebutuhan hidup Anda.

Bahkan, mungkin Anda pun lupa rasanya untuk bahagia. Ini lebih parah lagi. Lebih disayangkan lagi banyak orang mencari kebahagiaan di luar dari dirinya. Karena mereka tidak tahu di mana persisnya letak kebahagiaan itu. Padahal, sebenarnya bahagia ada di dalam diri Anda.

Banyak orang yang ingin bahagia. Karena dengan bahagialah ketenangan ada. Kedamaian terwujud. Kesejahteraan batin terpenuhi. Jika Anda ingin sehat karena sedang mengalami sakit tertentu, ujung-ujungnya adalah kebahagiaanlah yang Anda cari.

Bila Anda ingin kaya karena merasa belum kaya, baik secara finansial maupun nonfinansial, sesungguhnya endingnya adalah pada kebahagiaan.  Jikalau Anda belum punya pasangan dan menginginkan jodoh hingga Anda menikah, maka itu pun berakhir pada kebahagiaan yang diharapkan.

Ya, semua keinginan dan kebutuhan yang Anda impikan tujuannya adalah pada kebahagiaan hidup. Lalu, jika keinginan ataupun kebutuhan Anda belum terpenuhi, Anda pun tak bisa bahagia. Rasa bahagia belum hadir dalam jiwa Anda.

Perlu Anda tahu bahwa bahagia itu mudah. Ketika diri Anda memutuskan dan mengizinkan diri Anda bahagia, maka seketika itu Anda pun bisa merasakan kebahagiaan. Lalu, jika saat ini Anda belum bisa bahagia, atau sulit bahagia, atau kebahagiaan Anda hilang karena apa yang Anda miliki tak lagi ada, atau belum terpenuhinya harapan Anda, bagaimanakah cara Anda agar bisa bahagia?

Syukur. Itulah yang mungkin belum Anda lakukan selama ini. Jika Anda sudah merasa bersyukur, tetapi belum ada rasa bahagia dalam hati, bisa saja syukur yang Anda lakukan belum tulus dan tidak sepenuhnya.

Anda tidak ikhlas dalam bersyukur. Anda masih saja belum puas dengan apa yang Anda miliki atau sudah pernah Anda miliki sebelumnya. Ya, syukur Anda belum murni. Mungkin juga Anda belum terlatih untuk bersyukur. Itulah sebabnya sampai saat ini mungkin saja masih ada kesedihan dan ketidakbahagiaan dalam diri Anda.

Syukur dengan Meditasi

Selama ini, bagaimanakah cara bersyukur Anda? Apakah dengan mengucapkan kalimat alhamdulillah atau puji Tuhan? Atau mungkin Anda membagi-bagikan makanan, uang, atau harta benda kepada orang-orang yang membutuhkan? Atau membantu orang-orang yang butuh pertolongan?

Lalu, apakah Anda bisa setiap saat melakukannya? Atau hanya ketika Anda ingin melakukannya? Atau mungkin saat Anda sempat dan teringat? Mana yang Anda lakukan? Tentu Anda punya cara tersendiri dalam bersyukur, bukan? Anda bisa sesuaikan dengan kenyamanan dan kemampuan Anda.

Namun, sudahkah Anda pernah bersyukur dengan cara bermeditasi? Kali ini Anda saya ajak untuk bersyukur dengan bermeditasi? Dan saya namakan sebagai meditasi syukur. Bagi Anda yang sudah terbiasa untuk bermeditasi, maka kata meditasi tidaklah asing bagi Anda.

Meditasi syukur merupakan cara bersyukur dengan menyatukan diri dengan kenikmatan dan kebahagiaan yang seharusnya sudah ada dalam diri Anda. Tapi, hal itu mungkin belum pernah Anda sadari dan tak Anda lakukan karena ketidaktahuan Anda.

Saya sudah mengajarkan beberapa cara meditasi kepada Anda di tulisan-tulisan saya sebelumnya. Anda bisa baca tentang meditasi kekayaan atau meditasi kesehatan.

Cara untuk meditasi syukur sangatlah mudah. Anda bisa menyempatkan waktu luang setidaknya minimal 5 menit saja. Bahkan, jika Anda lakukan lebih lama lagi, itu sangat bagus.

Karena ketika Anda melakukan meditasi syukur, perasaan dan diri Anda merasa sangat nikmat. Bahkan, Anda pun malahan ingin berlama-lama dengan meditasi Anda. Lebih jauh lagi, jika Anda sudah terbiasa, Anda tak perlu sempatkan waktu karena rasa syukur sudah terprogram dalam diri Anda.

Inilah tujuan dari meditasi syukur, yakni untuk membiasakan diri bersyukur dengan penuh totalitas sehingga rasa bahagia dan kedamaianlah yang dialami.

Meditasi syukur bisa Anda lakukan kapan pun Anda mau. Di mana pun dan dalam kondisi apa pun. Baiklah, Anda bisa lakukan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Anda bisa duduk maupun berbaring. Sebaiknya, Anda lakukan pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur
  2. Ucapkan niat, “Ya Allah/Ya Tuhan, aku berniat meditasi syukur atas segala karunia yang telah Engkau berikan.” Ucapkan 3 kali dengan sepenuh hati.
  3. Lalu, ambil nafas dalam-dalam tapi tak perlu dipaksakan. Selanjutnya, hembuskan secara perlahan. Ulangi hingga 3 kali. Pada hembusan yang ketiga, pejamkan mata Anda secara perlahan
  4. Bernafaslah normal dan rasakan keluar masuknya nafas Anda sampai Anda benar-benar merasa nyaman dan rileks
  5. Pikirkan, ingat, dan rasakan anugerah yang telah Allah berikan kepada Anda. Dalam hal ini Anda ingat satu hal saja. Contohnya tentang pekerjaan Anda. Anda rasakan dan akses ras syukur tentang pekerjaan Anda. Anda masih punya pekerjaan. Anda masih bisa berpenghasilan. Orang-orang lingkungan kerja masih mau menerima Anda. Bayangkan dan rasakan betapa nikmatnya Anda bisa bekerja. Pekerjaan yang bisa menghidupi Anda maupun keluarga. Tanpanya, Anda akan kesulitan menghidupi diri Anda atau keluarga Anda. Berterima kasihlah juga pada pekerjaan Anda. Sayangilah pekerjaan Anda sebagaimana Anda menyayangi diri Anda sendiri. Anda bisa rasakan kebahagiaan dan kedamaian dalam diri Anda sehingga tanpa Anda sadari Anda pun tersenyum karena kebahagiaan Anda. Akses terus rasa syukur dalam diri Anda.
  6. Pertahankan rasa bahagia di dalam dada Anda. Nikmati kegembiraan dan kebahagiaan Anda sepenuhnya.
  7. Jika Anda sudah merasa cukup, Anda boleh mengakhiri meditasi syukur Anda. Bukalah mata Anda dan ucapkan syukur pada-Nya.

Lakukanlah setiap hari sampai kapan pun Anda mau. Bahkan, sangat dianjurkan untuk Anda lakukan tanpa batasan waktu. Ini lebih baik.

Adakalanya, bisa saja Anda tertidur ketika bermeditasi. Terlebih lagi saat Anda ambil posisi berbaring ketika melakukan meditasi syukur. Hal itu tak masalah. Tak akan berdampak negatif pada diri Anda. Malah, ketika Anda bangun, tubuh Anda bisa lebih segar bugar dibanding sebelumnya.

Saat Anda melakukan meditasi syukur, Anda tentukan hal apa yang ingin Anda syukuri terlebih dulu. Bisa saja tentang keluarga Anda, kesehatan Anda, rumah yang Anda punyai, mobil yang pernah atau sedang Anda miliki saat ini, dan sebagainya.

Apa alasan saya harus satu hal saja? Perlu Anda tahu bahwa begitu banyak hal yang bisa Anda syukuri dalam hidup Anda. Sayangnya, Anda lebih sering lupa daripada mengingatnya. Dan anugerah yang telah Allah berikan kepada Anda tentu saja tak mungkin bisa Anda hitung.

Maka, Anda perlu benar-benar memfokuskan satu hal saja agar rasa syukur Anda lebih maksimal. Rasa kebahagiaan Anda terhadap hal yang Anda syukuri bisa lebih baik. Sehingga ketika satu per satu Anda syukuri, maka Anda pun secara otomatis sudah terbiasa nantinya.

Dan ketika Anda sudah terbiasa, secara otomatis dalam setiap pikiran, tindakan, ucapan, dan sikap Anda bisa ingat akan rasa syukur yang sudah Anda akses sebelumnya. Karena sudah Anda latih. Anda pun akan lebih banyak bersyukur dalam hidup Anda. Alhasil, kebahagiaan hidup Anda bisa tercipta dengan mudahnya.