pengusaha laundry

Belajar dari Kisah Sukses Pengusaha Laundry Kiloan

Ki Asmoro

Bagaimana kabarnya Saudaraku? Adakah di antara Sauadaraku semua yang punya usaha laundry? Jika ada, video ini sangat cocok untuk Anda

Karena di tulisan ini, Saya akan berbagi kepada Anda tentang kisah sukses seorang pengusaha Laundry kiloan.

Cerita ini Saya dapatkan dari salah seorang motivator bisnis Indonesia yang sangat terkenal. Namanya Pak Tung Desem Waringin

Jika Anda pernah mendengar nama beliau, tentunya Anda paham betul beliau siapa. Nah, saya agak sedikit lupa, entah ini muridnya atau mungkin Pak Tung Desem Waringin sendiri yang punya usaha laundry

Yang jelas, kali ini kita akan belajar kepada beliau dan Saya akan share kepada Anda rahasianya seperti apa.

Dan menariknya, usaha laundrinya malah semakin ramai di tengah pandemi corona.

Dan bagi Anda yang saat ini punya usaha laundry, Anda perlu menyimaknya baik-baik samapi selesai karena ini sangat penting jika usaha Anda mau maju.

Jadi begini, pastinya untuk membuka usaha laundry, pastikan benar-benar harus sesuai dengan target marketnya.

Seperti dekat dengan kampus, dekat dengan kos-kosan, atau mungkin perumahan yang memang rata-rata orangnya males untuk nyuci baju sendiri.

Selanjutnya, Anda perlu buat penawaran yang menarik. Misalnya, ada jasa antar jemput, usahakan juga kulitas parfumnya juga ok. Kalau dari Pak Tung, beliau pakai parfum yang dari luar negeri yang aromanya benar-benar wangi dan enak.

Kemudian berikan penawaran yang menarik. Misalnya, nyuci minimal 3 kg, gratsi 1 kg. Sesuaikan saja dengan kondisi Anda.

Dan lebih menarik lagi, Anda bisa berikan komisi bagi orang-orang yang merekomendasikan usaha laundry Anda yang akhirnya banyak orang yang mau laundry di tempat Anda.

Komisi ini sesuaikan saja. Yang penting, jangan sampai Anda rugi. Ketika Anda punya banyak orang yang merekomendasikan usaha Anda, maka usaha laundry Anda pun jadi ramai dikenal di mana-mana.

Dan itu berdampak pada pelanggan Anda semakin banyak nantinya. Anda juga bisa buat semacam kupon.

Misalnya landry minimal 10 kali, maka dapat bonus 1 kali laundry gratis. Misalnya seperti itu. Yang jelas, sesuaikans aja dengan kondisi Anda.

Anda pun bisa promosikan lewat sosial media. Seperti di FB atau di instagram.

Foto saja aktivitas Anda saat nyuci baju, nyetrika, dan sebagainya. Karena di zaman sekarang, jualan lewat sosial media sudah semakin marak juga.

Buat foto yang menarik dan yang menjual. Terkadang, Anda berfoto juga saat Anda mengantarkan baju ke pelanggan, berfoto bersama pelanggan, dan seterusnya.

Dan pastinya, berikan layanan terbaik untuk para pelanggan Anda.

Nah, beberapa cara itu bisa Anda lakukan untuk mengembangkan usaha laundry Anda. Jika selama ini Anda belum pernah melakukan cara-cara itu, Anda bisa mencobanya.

Dan tentu saja, sesuaikan juga keadaan Anda masing-masing. Gunakan yang cocok, dan buang yang tak perlu dari beberapa strategi atau cara yang Saya sampaikan di sini.

Satu lagi, Anda pun perlu melakukan ikhtiar batin. Selalulah berdoa dan melakukan beberapa amalan yang bisa Anda laksanakan.

Saya doakan selalu agar usaha laundry Anda benar-benar bisa semakin lancar dan berkembang. Sekian dulu dari Saya.