Surat Al-Waqiah

Al-Waqiah, Amalan Hikmah Jadikan Harta Berlimpah Ruah

Ki Asmoro
Surat Al-Waqiah

Cuplikan surat Al-Waqiah

Bagi Anda yang pernah mendengar surah Al-Waqiah, tentu saja bukanlah hal asing lagi. Ya, itulah salah satu surat dari ayat suci Al-Quran yang bisa mendatangkan rezeki. Surat Al-Waqiah juga merupakan salah satu amalan hikmah.

Karena yang disebut sebagai amalan hikmah adalah suatu amalan yang sesuai dengan ajaran syariat Islam bersumber dari ayat suci, doa, atau wirid tertentu yang telah diajarkan Rosulullah atau para waliyulloh sesuai tuntunan.

Amalan hikmah berupa bacaan surah Al-Waqiah pun telah diajarkan Nabi. Seperti sabda beliau sebagai berikut.

  • “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan tertimpa kefakiran dan kemiskinan selamanya. Surat Al-Waqi’ah adalah surat kekayaan, maka bacalah ia dan ajarkan kepada anak-anakmu semua”.
  • “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan ditimpa kesusahan atau kemiskinan selama-lamanya” (Hadis riwayat Baihaqi dari Ibnu Mas’ud R.A)
  • “Ajarkanlah surat Al-Waqi’ah kepada istri-istrimu, karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Sudah jelas amalan hikmah yang satu ini bisa juga digunakan sebagai ikhtiar batin dalam mendapatkan kekayaan. Tentu saja, kekayaan di sini tidak hanya secara fisik atau material saja. Karena rezeki yang telah Allah berikan tidak hanya berupa harta saja, tetapi juga kesehatan, kenikmatan, kemudahan dalam urusan, dan sebagainya.

Berikut ini juga ada tata cara pengamalan membaca amalan hikmah surat Al-Waqiah

  • Orang akan dijauhkan dari kemiskinan selamanya jikalau membiasakan membaca Surat Al-Waqiah setiap malam satu kali
  • Kekayaan akan datang berlimpah ruah ketika surat Alwaqiah dibaca 14 x setiap selesai sholat ashar
  • Segala harapan akan terkabul tatkala surat Al-Waqiah dibaca sebanyak 41 x dalam satu majlis sekali duduk.
  • Agar menjadi orang yang kaya sentiasa bersyukur, amalkan membaca surah ini sebanyak 3 kali selepas solat subuh dan 3 kali selepas solat Isya’. InsyaAllah tidak akan berlalu masa setahun itu melainkan ia akan di jadikan seorang yang hartawan lagi dermawan.

Masih banyak lagi tata cara lain untuk mendatangkan rezeki melalui surat Al-Waqiah. Namun, dalam membaca dan melakukan amalan hikmah ini yang terpenting haruslah disertai dengan istikomah. Konsisten dan selalu melakukan amalan ini sangat penting agar hajatnya bisa tercapai.

Dan yang tak kalah pentingnya, keikhlasan dan selalu berpasrah tetap dilakukan. Lakukan usaha secara lahiriah (nyata) dan hasilnya pasrahkan kepada-Nya dengan diimbangi ikhtiar batin membaca amalan surat Al-Waqiah.

Pernah suatu ketika seseorang datang kepada saya untuk meminta sebuah amalan hikmah. Ada juga seorang yang mengirim pesan saya untuk minta suatu amalan hikmah. Karena merasa tidak memiliki uang untuk memahar amalan hikmah yang ada di situs www.amalanhikmah.com, maka saya sarankan untuk membaca amalan hikmah surat Al-Waqiah.

Alhamdulillah, setelah membaca dan mengamalkan surat Al-Waqiah seperti yang telah diajarkan Rosulullah, mereka pun merasakan manfaatnya. Kondisi ekonomi yang semula sulit menjadi berangsur-angsur membaik. Bahkan, hingga kini mereka tak lagi mengalami kesulitan ekonomi.

Cara mengamalkan amalan ini bisa persis seperti yang di atas. Anda bisa memilih atau melakukannya sesuai dengan kemampuan. Yang terpenting adalah keistikomahan dalam mengamalkannya. Namun, agar langkah-langkah dalam melakukan amalan hikmah berupa surat al-waqiah ini bisa tepat, maka berikut ini saya uraikan tata caranya.

  1. Lakukanlah pada malam hari setiap kali selesai sholat magrib
  2. Kondisi diri dalam keadaan suci (berwudhu)
  3. Niatkan diri untuk memperoleh rezeki atau kekayaan melalui surat Al-Waqiah. Anda bisa berniat seperti ini, “Ya Allah, melalui amalan surat Al-Waqiah ini, jadikanlah hamba-Mu ini berkelimpahan rezeki.” Anda bisa berniat dengan redaksi kata yang berbeda.
  4. Kirim surat Al-Fatihah pada Nabi Muhammad, orang tua, dan diri sendiri masing-masing 1 x
  5. Lalu bacalah surat Al-Waqiah 1 x hingga selesai. Lakukanlah setiap malam secara istikomah.

Tata cara amalan inilah yang saya ajarkan kepada orang yang meminta amalan hikmah pada saya dengan kondisi ekonomi yang sulit. Dan alhamdulillah, atas berkat dan pertolongan Allah serta keistikomahan, keikhlasan, dan keyakinan mereka, kondisi ekonomi mereka pun menjadi lebih baik dari sebelumnya. Anda bisa melakukan amalan ini jika Anda benar-benar ingin mengubah kondisi perekonomian Anda menjadi lebih baik dan meningkat dari sebelumnya.