hidup tenang

Mau Hidup Tenang? Cobalah Untuk Melepaskan, Merelakan & Mengikhlaskan

Pernahkah Anda melakukan kesalahan? Apakah Anda menyesal karena keputusan tersebut? Adakah sesuatu yang terasa mengganjal yang membuat hati merasa tidak nyaman?

Tak ada salahnya Anda merasa menyesal, itu artinya Anda masih memiliki hati nurani. Namun penyesalan yang berlebihan justru membuat hidup Anda terlihat menyedihkan.

 

Mengisi hidup dengan penyesalan dan tangisan adalah suatu kekeliruan. Larut dalam penyesalan, kesedihan, kekecewaan hanya akan membuat hidupmu terasa tidak tenang.

Kamu harus belajar dari pengalamanmu agar bangkit dari keterpurukan. Ketika kita jauh dari rasa kecewa, sedih, kondisi terpuruk maka kita bisa memiliki hidup yang tenang.

Hidup yang tenang adalah suatu keadaan yang membuat kita merasa damai dan bahagia. Memiliki hidup yang tenang adalah hal yang wajib kita miliki agar kita bisa menikmati hidup yang dianugerahkan Tuhan.

 

Melepaskan

Semua orang pasti memilki beban hidup. Ya, suatu kondisi di mana seseorang harus memikul suatu masalah. Banyak orang yang ingin terlepas dari beban hidup, lantas bagaimana caranya?

Terimalah kenyataan bahwa Anda terlalu banyak pikiran. Sebenarnya, tanpa disadari kamu terlalu banyak berpikir. Banyaknya masalah yang menumpuk di pikiran, bisa membuatmu stress.

Kamu perlu belajar untuk “melepaskan” masalah-masalah tersebut agar pikiranmu menjadi jernih. Melakukan meditasi setiap pagi bisa membantumu melepaskan pikiran tersebut. Cara meditasi yang benar bisa dibaca di sini>>

 

Merelakan

Pernahkah Anda larut dalam kesedihan karena ditinggal kekasih ? Atau Anda merasa gagal karena Anda tak pernah menggapai cita-cita yang sudah Anda impikan sejak kecil?

Jika Anda terus mengharapkan”nya” (kekasih/impian), justru rasa sakit akan timbul di hati Anda. Jangan pernah berharap pada sesuatu yang sulit Anda dapatkan kembali.

Apapun yang terjadi di luar kenyataan “yang kita harapkan”, relakanlah. Dengan merelakan bukan berarti Anda menyerah, tapi merelakan adalah langkah awal agar Anda mampu berjalan ke depan.

 

Mengikhlaskan

Ikhlas adalah menerima semua kondisi hidup dan menyerahkannya kepada Tuhan. Memang tidak semua orang bisa mengikhlaskan, namun jika dibiasakan lama-lama akan terbiasa.

Dengan ikhlas, kita tidak perlu pusing dengan urusan dunia ini. Bukan berarti kita cuek dengan masalah hidup. Namun dengan ikhlas, kita bisa mnesikapi masalah dengan bijak.

Kita juga lebih tenang dan tidak terlalu khawatir, karena kita sudah menyerahkan masalah kita kepada Tuhan.

 

Mengucap Syukur

Dengan bersyukur, hati akan lebih mudah tenang. Ucapan syukur menyadarkan kita bahwa hidup tidak sesulit yang kita pikirkan. Mengapa?

Karena semua yang kita butuhkan sudah dijamin oleh Tuhan. Oksigen, makanan, minuman, kasih sayang, rezeki, semuanya indah dan patut kita syukuri.

722 total views, 18 views today