7 kesalahan meditasi

7 Kesalahan Fatal Saat Melakukan Meditasi

Masih banyak saudara kita yang belum mengerti bagaimana cara melakukan meditasi yang benar. Karena begitu pentingnya manfaat meditasi bagi kehidupan kita seperti untuk aktivasi cakra , maka penting untuk diketahui kesalahan-kesalahan umum saat kita melakukan meditasi.

Sebenarnya tidak ada salahnya ketika seseorang membuat kesalahan, itu proses yang wajar. Karena dari kesalahan itulah kita bisa belajar untuk melakukan sesuatu yang benar.

Nah, berikut adalah 7 kesalahan paling fatal yang dilakukan orang ketika bermeditasi :

Bermeditasi ketika suasana hati tidak tenang & stress

Bagi yang sudah berpengalaman, bermeditasi ketika sedang stress akan menenangkan hati dan pikiran mereka. Namun bagi yang masih pemula, meditasi saat sedang stress maka akan membuat mereka semakin depresi. Bagi pemula lebih baik lakukan meditasi saat santai & tenang.

Lokasi yang kurang nyaman

Lokasi yang kurang nyaman akan membuat Anda kesulitan berkonsentras. Carilah tempat yang nyaman untuk melakukan meditasi. Usahakan jauh dari gangguan apapun, tempat yang nyaman dan membuat Anda merasa lebih damai.

Meditasi terlalu cepat

Meditasi adalah proses menenangkan hati, jiwa dan pikiran. Dan proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak instan. Tidak ada ukuran pasti berapa lama untuk melakukan meditasi.

Karena setiap orang memiliki tingkatan energi yang berbeda. Lakukanlah meditasi secara rutin, jangan hanya mencoba sekali dan berhenti.

Meditasi terlalu lama

Hindarilah meditasi yang terlalu lama, karena kualitas meditasi lebih baik dari kantitasnya. Jangan pernah berpikir dengan melakukan meditasi selama berjam-jam Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih.

Yang Anda lakukan hanya membuang-buang waktu, lebih baik mengalokasikan wkatu tersebut untuk bekerja.

kapsul aktivasi cakra

Memaksakan diri

Meditasi bertujuan untuk menengakan pikiran, dan tubuh. Jangan memaksakan diri dan mencoba terlalu keras. Karena itu akan membuat Anda semakin stress.

Tidak memiliki instruktur atau guru

Ada banyak orang yang belajar meditasi secara otodidak. Kebanyakan mereka belajar dari buku atau dari internet. Itu memang bagus, namun sebenarnya pelatihan yang diajarkan di internet atau buku tidaklah spesifik.

Materi yang diajarkan bersifat umum dan tidak menyesuaikan kondisi fisik dan energi setiap orang. Jika Anda ingin meningkatkan teknik meditasi, Anda bisa berkonsultasi ke instruktur meditasi.

Beranggapan kalau yang cara meditasinya salah

Banyak orang awam yang merasa bahwa meditasi yang telah ia lakukan adalah kesia-siaan. Karena mereka berfikir bahwa cara meditasi yang dilakukan mereka salah.

Diluar salah atau benarnya meditasi yang Anda lakukan, sebenarnya Anda sudah melakukan meditasi.

Ya, tidak ada yang benar ataupun salah, tulisan ini bertujuan mengkoreksi agar meditasi yang Anda lakukan lebih baik. Jangan berhenti, teruslah mencoba dan Anda akan berhasil.